PENTINGNYA MENCINTAI DAN MENERIMA DIRI SENDIRI

1:49 PM

Beauty of Diversity. Sebagai perempuan Indonesia yang lahir dari keturunan Dayak-Manado dan besar di keluarga dengan berbagai macam etnis dan suku berbeda-beda, saya tidak pernah mau untuk berkeluh kesah dan merasa tidak percaya diri dengan warna asli kulit yang saya dapatkan dari lahir, yang mungkin sedikit berbeda dengan keluarga besar saya. Sebagai pemilik kulit kuning langsat saya merasa sangat bersyukur karena saya menerima diri saya kemudian merawatnya. 
__________________________

Namun hidup di era digital sekarang ini, tidak dapat dipungkiri hasrat manusia semakin besar berusaha untuk mengontrol dunia realita sepenuhnya, mereka akan sangat merasa tidak senang dan kecewa kalau keinginan tersebut tidak tercapai.
Berbagai macam bentuk tren kecantikan bermunculan di sosial media dan sukses melahirkan salah satu stigma yang menobatkan perempuan berkulit putih menjadi salah satu standar kecantikan di masa sekarang ini, hal tersebut membuat banyak perempuan Indonesia tumbuh dengan merasa tidak percaya diri dengan warna kulit asli mereka, dan mereke pun tertekan untuk mengubahnya karena stigma tersebut. Padahal kita, perempuan Indonesia terlahir dengan berbagai macam perbedaan yang membuat Indonesia menjadi lebih indah dan unik, salah satunya warna kulit; putih, kuning langsat, sawo matang hingga hitam. Dan tentunya perbedaan seperti warna kulit harus disikapi secara bijak, karena pada dasarnya setiap warna kulit memiliki keunggulannya masing-masing (menurut saya, cukup tidak adil jika kecantikan seseorang hanya dinilai karena dia memiliki kulit berwarna putih).
Saya menyakini semua perempuan itu cantik, tidak peduli apapun warna kulitnya, karena menurut saya kulit cantik bukan berdasarkan warna, melainkan dari kulit yang sehat dan terawat. Apapun warna kulitmu, penting untuk melindunginya dan merawatnya setiap saat agar tidak mudah terlihat kusam, kering, dan pucat.

Mungkin bagi yang mengenal saya dari masa remaja, kulit saya dulu sangat kusam dan keringnya kebangetan deh, ya saya suka beraktivitas di luar ruangan dan tentunya saya tidak rajin merawat diri saya. Saya rajin mengikuti ekstrakurikuler basket dan menjadi tim kejuaraan basket di sekolah sampai daerah, hal itu mengharuskan saya berlatih dibawah teriknya matahari tanpa takut gosong sama sekali. Namun ketika saya sudah menginjakan kaki di dunia perkuliahan dan dunia kerja sekarang, saya sadar sepenuhnya dengan penampilan. Kalau dibandingkan dengan masa remaja saya dulu, pasti bedanya jauh banget deh (bisa dilihat perbedaan postingan blog di tahun 2011-2013 dengan postingan dari tahun 2014 ke sekarang deh ya haha).
Dalam fase menuju kedewasaan, banyak hal yang saya pelajari dan yang terpenting di fase itu adalah saya mulai belajar mencintai dan menerima diri sendiri. Saya menyadari pentingnya mencintai diri sendiri. Sampai saat ini saya masih suka belajar tentang skincare dan makin rajin merawat diri. Berusaha memahami mana yang baik dan cocok bagi diri saya.
In the spirit of embracing my natural skin color, I accept that fact that my skin isn't imperfect and it's not white too and I am confident with it, simply because I love myself and I am really proud to be a part of the colorful Indonesia. And you should too, girls <3
______________________________

Bangga menjadi bagian dari Indonesia yang penuh warna. Yuk girls, kita ikut dukung gerakan ini sekarang juga dengan pledging di http://kbj.review/akusetuju!
Saya sangat menyetujui dan mendukung komitmen Clean & Clear untuk membangun rasa percaya diri pada remaja putri Indonesia dengan mendorong mereka untuk bergabung dalam gerakan #BanggaDenganWarnaKulitmu ini; gerakan untuk merayakan cerahnya warna kulit dan keberagaman suku di Indonesia serta mendorong remaja perempuan dari seluruh pelosok negeri untuk tampil percaya diri dan menerima keberagaman warna kulit alami yang cerah, tidak peduli apapun warna kulit mereka.
Bangga jadi dirimu sendiri, bangga dengan warna kulitmu apapun warnanya #IAmBright dan jadilah bagian dari “Colorful Indonesia” <3

RELATED ARTICLES

0 COMMENTS

Blog Archive

Google+ Followers