MASYARAKAT & BPK KAWAL HARTA NEGARA?

2:13 PM

“Untuk mengawal harta negara Indonesia, BPK selalu berupaya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang tugas dan wewenang BPK." Halo semua, mungkin di postingan kali ini sedikit sangat berbeda dengan postingan di blog ini pada umumnya, hari ini aku cuma ingin berbagi seputaran informasi penting dan berguna buat kita semua mengenai salah satu lembaga negara di luar pemerintah yang bertugas memeriksa tanggung jawab dan pengelolaan keuangan negara. Mungkin banyak yang masih bingung, apasih BPK RI itu?
________________________________

Well, untuk memudahkan kalian menafsirkan maksud dan tujuan dari postingan di blog aku kali ini, aku membuat beberapa penjelasan yang sudah disusun secara singkat, padat dan jelas. Berharapnya sih setelah teman-teman membaca postingan aku hari ini, kita semua bisa sama-sama sadar akan fungsi dan tugas BPK, agar kedepannya kita bisa berani mencurahkan dukungan dan partisipasi, salah satunya yaitu berani melaporkan ketika kita menemukan pejabat yang melakukan tindakan KKN di daerah kita :)
Secara singkatnya, BPK RI ingin kita, masyarakat Indonesia yang baik mau ikut memberi dukungan dan kepercayaan yang besar untuk kawal harta negara Republik Indonesia.




Keberadaan BPK ini sudah dipikirkan pembentukannya sejak awal negara ini didirikan dan yang perlu kalian tahu, BPK bukan sekadar institusi pemerintahan, melainkan lembaga negara yang keberadaannya diatur langsung dalam UUD 1945.

Seperti yang kita ketahui bersama, korupsi di Indonesia masih menjadi momok yang paling menyedihkan bagi negara ini. Tidak sedikit yang menderita karena uang negara yang seharusnya digunakan untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat Indonesia, eh malah digunakan untuk memperkaya diri oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan juga masih banyak program-program untuk masyarakat dari pemerintah yang tidak berjalan secara efektid di Indonesia, salah satu contohnya yaitu Program Pemerintah Rastra (Beras Sejahtera) dulu Raskin (Beras untuk Rakyat Miskin) yang dalam penerapannya tidak menjadikan rakyat sejahtera atau masalah ketidakoptimalan kondisi pengelolaan guru dari jumlah dan distribusi guru yang belum merata, kualitas, kompetensi, dan profesionalisme guru yang masih harus ditingkatkan, serta regulasi tentang distribusi guru belum memadai di bebarapa wilayah di Indonesia dan tentunya masih banyak lagi.
 


Dalam mencapai tercapainya visi dan misi, BPK RI berlandaskan pada nilai-nilai dasar sebagai berikut:

Upaya BPK dalam mewujudkan tata kelola keuangan negara secara tertib, efisien, efektif, transparan, dan bertanggung jawab sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat, dimana masyarakat dihimbau untuk memiliki kepercayaan yang besar terhadap BPK, sebagai menjadi lembaga yang benar-benar independen, berintegritas, dan profesional.

Sekedar informasi, di tahun 2017 pada semester 1, Pemeriksan Keuangan (BPK) berhasil menyelamatkan keuangan negara senilai Rp13,70 Triliun loh. Jumlah itu berasal dari penyerahan aset/penyetoran ke kas negara, koreksi subsidi, dan koreksi cost recovery. Bayangkan saya dalam waktu 6 bulan, begitu banyak uang negara yang diselamatkan oleh BPK dari oknum-oknum tertentu yang sudah meraup keuntungan pribadi dengan merampok atau menyelewengkan uang negara. Hal ini pun telah menjadi bukti bahwa dengan adanya upaya pemeriksaan yang baik, independen dan penuh dengan kesungguhan oleh BPK, segala ketidakefektifan dan ketidakefisienan baik program, APBN/APBD, tindakan KKN semakin bisa diminimalisasikan.
(sumber: http://www.bpk.go.id/news/bpk-temukan-14997-permasalahan-senilai-rp2739-triliun & http://www.bpk.go.id/news/bpk-selamatkan-keuangan-negara-senilai-rp1370-triliun-pada-semester-i-tahun-2017)

Dan akhirnya pemerintah diharapkan dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan benar, pembuatan regulasi dan kebijakan pun tepat, adanya sinergi yang baik antara pemerintah dengan swasta dan masyarakat, pengelolaan aset dan harta negara dikelola dengan baik dan benar.



- Pemeriksaan Keuangan : pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang dilakukan oleh BPK dalam rangka memberikan pernyataan opini mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah.

Pemeriksaan Kinerja merupakan pemeriksaan atas aspek ekonomi dan efisiensi, serta juga pemeriksaan atas aspek efektivitas nan lazim dilakukan untuk kepentingan manajemen oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah.


Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu adalah pemeriksaan di luar pemeriksaan keuangan dan kinerja, serta dapat merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk tujuan khusus tertentu sebagai tindak lanjut pemeriksaan yang telah dilakukan karena adanya hal penting yang harus diselesaikan.



Tujuan dari 3 jenis pemeriksaan diatas tentulah agar pihak yang mengelola uang negara selalu menjalankan amanat dengan sebaik-baiknya hingga membawa kebaikan serta kesejahteraan bagi rakyat.
________________________________

Lalu, apa peran kita masyarakat dalam Kawal Harta Negara?
Kita sebagai masyarakat harus paham bahwa peran BPK Kawal Harta Negara bukan sekadar memberantas tindak pidana KKN yang telah terjadi, BPK selalu berupaya agar setiap program yang dilakukan oleh pemerintah untuk rakyat harus benar-benar dijalankan secara efektif, efisien, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan memenuhi persyaratan dibawah ini melalui Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) BPK yang berfungsi sebagai unit pelaksana pengelolaan dan pelayanan informasi publik, bertugas untuk melayani permintaan informasi dan pengaduan dari publik/masyarakat.
Beberapa cara yang dapat digunakan oleh publik/masyarakat untuk memperoleh informasi atau menyampaikan pengaduan melalui PIK BPK bisa dilihat pada gambar dibawah ini :D


Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) juga pernah memberi edukasi dan sosialisasi ilmu audit pemerintahan dan profesi auditor dalam bentuk kegiatan Olimpiade Audit Untuk Negeri bertajuk BPK Audination pada tanggal 27-30 November 2017 di Pusdiklat BPK, Jakarta. Aku berharap pengetahuan dan pengalaman praktik pemeriksaan BPK dapat diharmonisasi dengan pembelajaran audit di perguruan tinggi agar terjadi interaksi lebih lanjut antara BPK, auditor BPK, dengan dunia kampus dan tentunya harus di salurkan kembali ke masyarakat agar kita semua punya kesadaran untuk mengawal harta negara bersama-sama.......karena sejatinya kesejahteraan umum dan keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia merupakan cita-cita kita semua :)
Saat ini BPK RI sedang mengadakan Blog Competition dengan tema #KawalHartaNegara buat teman-teman blogger sekalian, yuk buat teman-teman Blogger yang mau nambah pengalaman menulis, daftarkan diri kalian sekarang juga, info lebih lanjut cek www.bpk.go.id (http://www.bpk.go.id/news/lomba-nulis-blog-bpk-kawal-harta-negara)

RELATED ARTICLES

1 COMMENTS

Blog Archive

Google+ Followers

Since 2016

Flag Counter