state of emotional and social well-being during quarantine

2:34 AM

Masa pandemik ini bisa dibilang kesehatan fisik kita terkena indirect impact, gak cuma fisik, kesehatan mental kita juga. 
Mental health plays an important role in the way we deal with stress, how we relate to others, and the decisions we make in our daily lives.
Pandemik ini secara tidak langsung bisa berdampak pada kepribadian dan perilaku kita, karena kita kebanyakan dirumah aja :’). Jika kesehatan mental terganggu, maka akan timbul gangguan mental yang dapat mengubah cara kita dalam menghadapi stress/kecemasan, saat membuat pilihan bahkan saat berhubungan dgn orang lain, the worst case bisa memicu hasrat utk menyakiti diri sendiri.
Karena apa ya, jujur banyak di rumah sempat bikin aku pribadi menarik diri dari orang-orang dan kegiatan sehari-hari. Sebulan lebih dirumah aja aka working from home sempat bikin aku stress karena gk bisa kerja di luar dan melakukan aktivitas rutin sehari-hari huhuhu mood berantakan, berasa banget perubahan suasana hati naik turun sesukanya hahaha kadang jadi merasa gampang bingung, pelupa, marah, kesal, khawatir dan takut yang tidak biasa.
Energi bener bener menurun drastis bahkan sempat mengalami masalah tidur, jam tidur jadi jungkir balik ahahahahhaa

But I believe this too shall pass, untuk itu beberapa upaya yang aku lakukan selama self quarantine seperti 
- Melakukan aktivitas fisik (pilates/yoga) dirumah, intinya tetap aktif.
- Belajar edit video konten sosmed
- Jadi Home Chef low budget hahhaa gk tau knp krna dirumah aja jadi sering masak
- Belajar make up

Intinya aku berusaha utk tetap memelihara pikiran yang positif dan stay productive. Yang terpenting aku cukup menjaga jam tidurku karena istirahat itu penting.
Yup, there are various ways to maintain positive mental health and live a more fulfilling and enjoyable life, you should make time to connect with others, think positively about yourself and get physically active.

Mungkin beberapa dari kalian, merasakan hal yang sama seperti aku even worse than my case, coba buat rencana bagi diri sendiri, mulai belajar mengatur gaya hidup karena kita emg diharuskan utk beradaptasi karena pandemik ini. Tapi kalau emang kalian merasa keadaan mental diri kalian tidak membaik 
(karena aku percaya terlalu banyak menghabiskan waktu dirumah emang bisa memicu kesehatan mental), seek for professional help if you need it, yup sebaiknya segera memeriksakan diri ke psikiater untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut, ingat tidak hanya penyakit fisik saja yang harus diobati, namun penyakit kejiwaan juga harus ditangani.
Mental health bukan hal yang tabu. Mungkin kalau kalian mager ke psikiater, solusi terbaik mungkin kalian bisa konsultasi dokter melalui HaloDoc; aplikasi konsultasi antara dokter dan pasien.

Semenjak perusahaan tempat aku bekerja menyediakan informasi mengenai HaloDoc, kalau ada hal yang menggangu fisik baik mental aku jadi prefer ke HaloDoc dlu. Aplikasi ini sungguh praktis dan efisien banget. 
Bayangkan klo kita harus ke dokter/rumah sakit ketika sakit, pasti butuh waktu 4-5 jam untuk bisa berkonsultasi dengan dokter, dan tentunya biasa yang dikeluarkan jg pasti besar dihitung dari uang transportasi, uang berobat bahkan uang makan klo tiba-tiba lapar selama menunggu giliran utk berkonsultasi dan berobat di klinik dokter/rumah sakit. Konsultasinya cuma 10 menit, tapi menuju lokasi, antri obat, antri bayar dan perjalanan pulangnya duh, gak sebanding. Dan yang terpenting kita bisa konsultasi setiap hari kapan dan dimana saja 24/7. 

HaloDoc memiliki 3 layanan, mulai dari apotik antar, konsultasi dokter GRATIS dan test lab di rumah. Selain itu, Halodoc juga punya berbagai artikel dengan informasi valid seputar kesehatan loh. Sehat lebih mudah.
Jujur dari awal aku emang sudah tertarik dengan aplikasinya, jadi aku gk ragu-ragu untuk langsung download, kalau nanti misalnya perlu, ada kejadian darurat di rumah atau pas perlu betul konsultasi ke dokter untuk menegakkan diagnosa tapi malas berangkat ke RS, aku bisa coba HaloDoc dluan. Semua makin dimudahkan sekarang. Aku suka dengan perkembangan teknologi ini. 

Tapi aku berharap seumur hidup hidup, aku perlu pakai aplikasi ini. Oh iya, buat yang mau download juga, aplikasinya bisa didapatkan gratis melalui App Store (iOS) / Playstore (android) ya
Semoga kita semua sehat terus ya, stay safe and healthy.

RELATED ARTICLES

0 COMMENTS

Blog Archive

Since 2016

Flag Counter